Senin, 23 April 2012

analisis strategi pemasaran


ANALISIS STRATEGI PEMASARAN
Pengikut
Mengenai Saya
Foto Saya

Selasa, 25 November 2008
A. Latar Belakang
Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dan tingkat pendidikan yang semakin maju maka banyak bermunculan tenaga ahli dalam berbagai bidang disiplin ilmu, SPRH, Biologi, Ekonomi, Farmasi, Pertanian, Hukum Teknoogi Pangan, Teknik kimia, Teknik Elektro dan lain-lain.
Kami memilih judul “Strategi Pemasaran di Perusahaan Jamu Sido Muncul” untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Sido Muncul dalam menghadapi persaingan dengan perusahaan jamuy dan farmasi lainnya.

B. Tujuan
Adapun tujuan kami membuat tugas ini adalah :
1. Agar masyarakat dapat mengetahui perkembangan PT Sidomuncul
2. Sebagai media analisis pemasaran PT Sidomuncul

C. Rumusan Masalah
1. Bagaimana analisis lingkungan internal PT Sidomuncul?
2. Bagaimana analisis lingkungan external PT Sidomuncul?
3. Bagaimana analisis SWOT PT Sidomuncul?




BAB II
STRATEGI PEMASARAN PT SIDOMUNCUL


A. Analisis Lingkungan Internal
1. Ringkasan profil
Sido Muncul bermula dari sebuah industri rumahan pada tahun 1940, yang dikelola Ny Rahmat Sulistio di Yogyakarta dengan hanya dibantu tiga karyawan, selanjutnya seiring dengan perkembangan jaman. Pada tahun 1951 didirikan perusahaan sederhana dengan nama Sido Muncul yang berarti “Impian yang terwujud” di Semarang. Dengan produk pertama dan andalan adalah jamu Tolak Angin produk Ny. Rahmat mulai mendapat tempat di hati masyarakat.
Dalam perkembangannya, pabrik ini tidak mampu lagi memenuhi kapasitas produksi yang besar akibat permintaan pasar yang terus meningkat dan guna mengakomodasi permintaan pasar pabrik mulai dilengkapi dengan mesin-mesin modern
Untuk mengantisipasi di masa mendatang dirasa perlu untuk membantu pabrik yang lebih besar dan modern. Maka, pada tahun 1997 dimulai pembangunan pabrik baru di Klepu, Ungaran.
Pabrik baru tersebut diresmikan oleh Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Indonesia pada 11 November 2000.
Saat di resmikan, Sido Muncul mendapat dua sertifikat, yaitu cara Pembuatan Obat Tradisional (CPOT) dan cara pembuatan obat yang baik (CPOB) setara dengan farmasi. Sertifikat inilah yang menjadikan Sido Muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi.
2. Visi dan Misi perusahaan jamu Sido Muncul
Visi
Menjadi industri jamu yang dapat memberikan manfaat pada masyarakat dan lingkungan

Misi
Meningkatkan mutu pelayanan dibidang herbal tradisional
Mengembangkan research, penelitian yang berhubungan dengan pengembangan pengobatan dengan bahan-bahan alami. Meningkatkan kesaedaran masyarakat akan pentingnya membina kesehatan melalui pola hidup sehat, pemakaian bahan-bahan alami dan pengobatan secara tradisional. Ikut mendorong pemerintah/instansi resmi agar lebih berperan dalam pengembangan pengobatan tradisional.

3. Mega Marketik Mix
a. Produk
Sido muncul memproduksi berbagai macam produk yang beredar di pasaran, diantaranya :
- Jamu
- Jamu insntan
- Food supplement
- Dan lain-lain
b. Price/harga
Harga produk-produk sido muncul sangat terjangkau oleh semua lapisan masyarakat
c. Place/tempat
Tempat produksi produk-produk sidomuncul berada di pabrik sidomuncul yang beralamat di jalan Soekarno Hatta km 28 Kecamatan Bergas – Klepu Semarang, Indonesia.
Distribusi produk-produk Sidomuncul terjangkau di seluruh Indonesia di perkotaan maupun di pedesaan.
d. Promotion/promosi
Sidomuncul melakukan promosi dengan melakukan :
- Publikasi
 Lewat audio
à
 Lewat visual
à
 Lewa audio visual
à
- Promosi penjualan
 Dengan memberikan diskon
à
- Bantuan social
- Seminar kesehatan
- Sponsor dari berbagai macam acara. Contohnya di acara inbox, Thomas cup dan uber cup.
e. Professional
Perusahaan sido muncul mempunyai tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu, konsultan yang ahli dibidangnya. Perusahaan sidomuncul tidak ingin menghasilkan limbah yang dapat merusak alam, untuk menangani limbah air dipasang instalasi pengolahan air lembah sehingga air limbah dapat diolah menjadi air yang bias digunakan untuk menyiram tanaman. Sedangkan limbah padat dari buangan sisa ekstraksi akan diolah menjadi pupuk organic yang bias digunakan untuk memupuk tanaman. Dengan upaya penanganan limbah tersebut, diharapkan PT Sidomuncul menjadi perusahaan yang ramah lingkungan, dan lokasi seputar pabrik menjadi asri karena tanaman tumbuh subur.
f. People/karyawan
Dalam meningkatkan produknya PT Sido Muncul didukung oleh karyuawan yang mempunyai keahlian. Untuk meningkatkan kemampuan para karyawannya diberikan kesempatan mengikuti pelatihan kursus maupun seminar.
g. Public/masyarakat sekitar
Diharapkan masyarakat dapat memberikan kritik saran untuk mengembangkan produk-produk sidomuncul.
h. Power/kekuatan
Perusahaan sidomuncul memiliki fasilitas pabrik yang lengkap. Fasilitasnya antara lain

1. Laboratorium
a. Laboratorium instrumentasi
b. Laboratorium farmakologi
c. Laboratorium formulasi
d. Laboratorium famakognost
e. Laboratorium stabilitas
f. Laboratorium kimia
2. Kebun percobaan dan budaya tanaman obat
3. Extraction centre
4. Pengolahan air bersih
5. Pengolahan air limbah
6. Perpustakaan
7. Klinik holistic.
Sumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai agrowisata yang digunakan untuk mengoleksi tanaman dan perusahaan Sido muncul merupakan perusahaan jamu pertama di Indonesia.
i. Pleasure
Penghargaan yang diterima Sido Muncul Golden Brand Award untuk produk Kuku Bima tahun n2005, penghargaan merk dagang unggulan Indonesia 2003, meraih cakram aword untuk kategori pengiklanan terbaik tahun 2002.
j. Performance
Perusahaan Sido Muncul menghasilkan produk higienis dan produk-produk Sido Muncul telah di kenal oleh masyarakat 2002.

B. Analisis Lingkungan Eksternal
1. Lingkungan Mikro
a. Pemasok
PT Sido Muncul, mendapatkan bahan baku diperoleh dari pemasok luar/pengumpul dalam bentuk kering yang berasal dari Wonogiri, Purwokerto, Purworejo, Ambarawa dan Jawa Timur. Bentuk bahan baku berupa daun atau rimpang. Proses pembelian dilakukan setiap panen raya

b. Perusahaan
Perusahaan-perusahaan pesaing perusahaan Sido Muncul antara lain :
- PT Air Mancur
Produsen jamu dan kosmetika air mancur
- PT Industri jamu Borobudur
- PT jamu Iboe Jaya
- PT Industri jamu Jago
- PT jamu Indonesia Simona
- Dan lain-lain perusahaan farmasi

c. Perantara
Perusahaan Sido Muncul mempunyai banyak distributor untuk memasarkan produknya kepada konsumen seperti :
- Toko obat
- Apotik
- Toko klontong
- Swalayan
- Warung jamu
- Kasongan
- Dan toko kecil lainnya

d. Pelanggan
Perusahaan Sido Muncul telah mempunyai pelanggan dari masyarakat kelas atas menengah dan kebawah karena biasanya masyarakat lebih memilih produk herbal atau alami dari pada obat-obatan yang mengandung zat kimia karena pada obat-obatan zat kimia akan menimbulkan efek samping terhadap tubuh.
e. Publik
Jamu biasanya lebih banyak di konsumsi oleh masyarakat pedesaan atau masyarakat tradisional karena jamu dibuat berdasarkan pengalaman dari nenek moyang yang turun menurun. Sehingga perusahaan Sido Muncul mengambil pengalaman tersebut kemudian memproduksi berbagai jenis jamu yang dapat bermanfaat menyembuhkan penyakit tanpa menimbulkan efek samping.

2. Lingkungan Makro
a. Lingkungan ekonomi
1) Ketidak seimbangan pasar terhadap harga bahan baku menyebabkan produksi jamu tidak dapat memproduksi maju mundurnya suatu usaha.
2) Besar kecilnya pajak yang wajib dikeluarkan berdasarkan industri yang dibangun sangat mempengaruhi maju mundurnya suatu usaha. Pajak yang dikenakan atas industri ini berupa PPh, PBB, Bea Cukai dan lain-lain.
3) Beban biaya yang dikeluarkan claim dari pajak antara lain retribusi, beban penggunaan listrik bagi industri, beban angkut dan lain-lain.
b. Lingkungan alam
1) Bangkitnya gerakan lingkungan
2) Mengolah limbah menjadi limbang ramah lingkungan
c. Lingkungan tehnologi
Tegnologi yang dimiliki perusahaan Sido Muncul sangat mempengaruhi produk –produk yang dihasilkan. Perusahaan Sido Muncul di pasaran mempunyai tempat yang bagus sehingga Sido Muncul sangat mempengaruhi peredaran jamu di Indonesia.
d. Lingkungan politik
Setiap perusahaan pasti diatur oleh undang-undang. Perusahaan sido muncul sebagai satu-satunya pabrik jamu yang berstandar farmasi UU RI no 7 tahun 1963 tentang farmasi, pasal 4 tentang produksi dan distribusi perbekalan di bidang farmasi di tetapkan dengan peraturan. Perundang-undangan misalkan tentang perihal impor/ekspor penyedia obat-obatan ditetapkan dengan peraturan pemerintah. Hal-hal mengenai konsumsi dan pekerjaan kerfarmasian diatur dengan peraturan menteri kesehatan.
e. Lingkungan kulturan
Perusahaan Sido Muncul dalam pembuatan produk-produknya menggunakan bahan-bahan alami atau herbal dan mengolahnya dengan tradisional.

C. Analisis SWOT
1. Ringkasan SWOT
a. Strength
1. SDM yang handal
PT Sidomuncul di dukung lebih dari 2000 karyawan dengan tingkat pendidikan yang bervariasi dan ditempatkan sesuai dengan keahliannya serta Sido Muncul juga memiliki tenaga ahli juga memiliki tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu.
2. Fasilitas pabrik yang lengkap
Dengan standar pabrik CPOB (Standar Pabrik Farmasi) maka Sido Muncul memiliki berbagai fasilitas guna mendukung produksi.
3. Merupakan perusahaan jamu terbesar di Indonesia
Sido Muncul merupakan pabrik jamu terbesar yang ada di Indonesia dan merupakan pionir bagi pabrik jamu lainnya.
4. Distribusi tersebr di seluruh wilayah Indonesia
Sido muncul berhasil menarik pelanggan di seluruh wilayah di Indonesia, baik daerah perkotaan maupun pedesaan maka dari itu distribusi produk Sido Muncul juga menyeluruh hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

5. Produk terjangkau
Harga dari produk PT Sido Muncul sangat terjangkau pada seluruh lapisan masyarakat.

b. Weakness
1. Beberapa tahun lalu bintang iklan PT Sido Muncul menggunaka Sophia Latjuba yang kemudian terjaddi masalah pribadi (antara Sophia Latjuba dan kekasihnya yang berasal dari Amerika) sehingga menyebabkan iklan itu jarang muncul di TV tetapi sudah diselesaikan dengan menggunakan bintang iklan yang baru
2. PT Sido Muncul belum mempunyai alat untuk mengeringkan bahan baku sehingga hanya mengandalkan cara tradisional (matahari) sehingga pada musim hujan pengeringan tidak sempurna. Untuk mengatasi masalah tersebut PT Sido Muncul mengambil bahan baku dari pengumpul.

c. Opportunity (Kesempatan)
1) Teknologi
Diera modern ini dibutuhkan peralatan/teknologi yang canggih untuk mendukung proses kerja yang dituntut serba cepat dan higienis karena PT Sido Muncul yang merupakan pabrik berstandar pabrik farmasi memiliki fasilitas laboratorium, pengolahan air bersih, pengolahan air limbah.
2) Selera masyarakat
Perubahan gaya hidup serba instant membuat masyarakat kembali kepada produk-produk herbal (obat-obatan tradisional), karena dirasa produk-produk herbal dapat memberikan banyak manfaat dan tidak menimbulkan efek samping. Hal ini sejalan dengan misi PT Sido Muncul


3) Menjadi sponsor dalam berbagai promosi kesehatan
Dengan menjadi salah sati sponsopr dalam berbagai kegiatan promosi kesehatan dapat membentuk suatu image yang bagus.
d. Threatment/ancaman
1) Pesaing
(a) Karena kini slera masyarakat banyak yang beralih kepada obat-obat tradisional, menyebabkan permintaan akan produk-produk herbal terus meningkat, sehingga PT Sido Muncul yang merupakan perusahaan jamu pertama kali di Indonesia menjadi besar dan berkembang dan tidak heran jika saat ini banyak pesaing-pesaing yang mencoba mendirikan perusahaan obat tradisional dan tidak tanggung-tanggung mencoba untuk menjatuhkan image produk Sido Muncul dengan cara “Memlesetkan” salah satu iklan dari PT Sido Muncul.
(b) Jamu-jamu bahan kimia obat (BKO) yang merebak di Indonesia saat ini (ex : Koperasi perusahaan jamu BKO di Cilacap) menjadi sebuah persaingan yang tidak sehat di industri jamu, perusahaan-perusahaan tersebut hanya mencari keuntungan semata, dan tidak memikirkan bahayanya terhadap konsumen.
2) Krisis ekonomi
Ditengah krisis ekonomi saat ini menyebabkan kondisi bahan-bahan baku produk tidak stabil, pembiayaan proses produksi, distribusi dan lain-lain menjadi semakin mahal, karenanya dibutuhkan solusi yang tepat bagi PT Sido Muncul untuk menyiasati kondisi seperti ini.

2. Analisis dan Kuadran SWOT
a) Analisis IFAS (Internal Factor Analysis Survey)
a. Analysis IFAS
i. Strength
.
5. SDM yang handal
Fasilitas pabrik yang lengkap
Perusahaan jamu terbesar
Distribusi tersebar diseluruh wilayah Indonesia
Produk terjangkau √

Jumlah 3 2 -
Nilai X jumlah 9 4 -
Total 13

ii. Weakness
No Ketarangan 3 2 1
1.
2. Bintang iklan “Shopia”
Alat pengering -
Jumlah 3 2 1
Nilai X jumlah 2 1
Total 3

b) Analisis EFAS (Exsternal Factor Analysis Survey)
iii. Opportunity
No Ketarangan 3 2 1
1.
2.
3. Teknologi
Selera masyarakat
Sponsor √
Jumlah 1 2 -
Nilai X jumlah 3 4 -
Total 7
iv. Treatment
No Ketarangan 3 2 1
1.
2.
3. Pesaing perusahan jamu
Jamu BKO
Krisis ekonomi √
Jumlah 2 1 -
Nilai X jumlah 6 2 -
Total 8

b. Kuadran SWOT
Sumbu x Sumbu y
S – W = 13 – 3 O – T = 7 - 8
= 10 = -1

D. Alternatif Strategi
PT Sido Muncul hendaknya menggunakan S (Strenghth) untuk mengatasi T (Threatment), sehingga PT Sido Muncul melakukan difersifikasi produk.
Hal ini selaras dengan strategi yang telah digunakan PT Sido Muncul saat ini, yaitu dengan cara memproduksi berbagai produk diantaranya :
1. Kuku Bima (4 macam)
2. Tolak Angin (3 Macam)
3. Permen (2 Macam)
4. Jamu Tradisional (56 macam)
5. Jamu Komplit Instan (4 macam)
6. Jamu Komplit (6 macam)
7. Food Suplemen (34 macam)
8. Minuman Kesehatan (17 macam)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar